Comunity

Wizdom

Wednesday, December 21, 2011

Menjalankan IIS dan XAMPP Secara Bersamaan Pada Localhost – Bagian 2


IIS dan XAMPPPada artikel sebelumnya saya telah mencoba menuliskan bagaimana mengatur port IIS dan XAMPP sehingga dapat berjalan pada localhost secara bersamaan. Jika pada artikel tersebut pengaturan dilakukan pada sisi XAMPP,  pada artikel ini saya mencoba untuk berbagi bagaimana cara mengatur port IIS sehingga tidak mengalami bentrok dengan port Apache pada XAMPP, tetapi dilakukan pada sisi IIS.
Kenapa saya menulis dua artikel ini? Karena saya lebih terbiasa dan lebih banyak melakukan kegiatan pada XAMPP dari pada IIS, sehingga saya lebih nyaman mengetikkan http://localhost/ dari pada http://localhost:8080 untuk mengakses XAMPP. Intinya, saya mencoba memberikan dua alternatif untuk mengubah port IIS dan XAMPP yang bentrok.
Kondisi pada saat saya membuat artikel ini. Saya menggunakan Windows 7. Dan juga pengaturan bawaan dari IIS adalah menggunakan port 80. Sehingga saya ingin mengubahnya menjadi port 8080 agar tidak bentrok dengan XAMPP. Berikut langkah-langkahnya :
Langkah 1 : Mengubah port 80 IIS menjad port 8080
Pada windows 7, cukup ketikkan IIS Manager pada fasilitas Search. Kemudian, klik dua kali dan akan tampil IIS Manager seperti pada gambar.
Pada bagian Connection, expand pada server sampai menemukan Default Web Site seperti pada gambar yang diberi angka 1. Kemudian pada bagian Action panel sebelah kanan. Pada submenu edit, klik Bindings. Atau pada gambar terletak pada angka 2. Akan muncul Pop Up seperti berikut :
IIS and XAMPP

Pilih tipe HTTP, kemudian klik menu Edit, dan ubahlah port 80 menjadi port 8080. Klik "OK" dan kemudian "Close" Seperti pada gambar berikut :
IIS and XAMPPXAMPP dan IISSampai pada tahap ini, kita sudah bisa mengakses IIS pada port 8080. Coba saja akses pada http://localhost:8080. Seharusnya sudah berjalan dengan lancar. Tetapi, pada laptop saya, ketika saya mencoba untuk mengaktifkan Apache ternyata masih tidak bisa berjalan.
Langkah 2 : Cek service lain yang masih berjalan pada port 80
Setelah saya cek menggunkan perintah "netsh http show servicestate" pada command prompt, ternyata masih ada service yang berjalan pada port 80. Sebuah database yang sebelumnya telah saya set pada SQL Server untuk berjalan pada port 80.
XAMPP dan IIS
Untuk mengatasi masalah saya, cukup ulangi Langkah 1. Dan disana, sesuai gambar, ada sebuah database yang bernama nopcommerce. Service inilah yang masih memakai port 80, sehingga saya cukup mengubahnya lagi menjadi 8080. Database pada masing komputer berbeda-beda. Pada kasus saya, kebetulan ada database nopcommerce.
Setelah selesai, lalu jalankan lagi XAMPP, dan jalankan Apache. Viola! Dan Apache dapat berjalan. Cobalah mengakses IIS dan XAMPP secara bersamaan http://localhost:8080/ untuk IIS dan http://localhost/ untuk XAMPP.
Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Web Mantap

article kategori

Article Categories