Comunity

Wizdom

Sunday, December 18, 2011

cara buat data base

Kali ini kita akan membuat shoutbox menggunkan PHP, Pertama, kita akan membuat database, dengan nama database shoutbox. Setelah membuka browser dan muncul tampilan seperti di atas (http://localhost/phpMyAdmin/), dikolom Create new database ketikkan shoutbox dan klik tombol create. Akan muncul tampilan seperti berikut.



Pada pembuatan nama database yang terdiri lebih dari satu kata, jangan
menggunakan tanda “-“ (strip) atau “ “ (spasi). Anda dapat menggunakan tanda “_” (garis
bawah) untuk memisahkan kedua kata.

Sebuah database dapat berisi beberapa tabel yang berisi informasi pendukung web, seperti informasi mahasiswa, dosen, buku, dll. Setelah membuat database buatlah tabel testimonial dengan mengetikkan pada Create new table on database shoutbox dengan jumlah fields 7



kemudian klik go.

Fields merupakan unsur penyusun basis data.
Field tersebut meliputi id, name, email, web, ip_client, date, comment. Masukkan nama masing-masing variabel field beserta type dan panjang karakter maksimal.



1. Type INT berarti pada field tersebut hanya bisa diisi angka, sedangkan varchar (variable character) berisi karakter/huruf.
2. Length/Values berarti jumlah karakter maksimal yang bisa diisikan. Pada kolom Null, Null berarti optional (boleh tidak diisi).
3. DateTime adalah format tanggal(tahun-bulan-tanggal) dan waktu(jam:menit:detik) yang berfungsi untuk menyimpan data tanggal & waktu.
4. Sedangkan not null berarti kolom tersebut tidak boleh kosong. Kemudian pada kolom extra pilih auto_increment. Simpan data yang telah diisikan dengan mengklik pada save dibagian bawah tabel atau jika anda merasa bahwa jumlah baris field yang dibutuhkan kurang, Anda dapat menambahkannya lagi dengan mengisi jumlah kolom pada Add … field(s) dan klik tombol Go. Berikut hasil tampilan pembuatan tabel.



Selesai

No comments:

Post a Comment

Web Mantap

article kategori

Article Categories