Comunity

Wizdom

Sunday, December 18, 2011

Apakah CHMOD itu dan Apakah Fungsi daripada CHMOD


Apakah CHMOD itu dan Apakah Fungsi daripada CHMOD. Sudah sangat lama blog ini tidak update dan juga Pagerank alexa juga merosot. Memang saya ada UAS disekolah saya yakni Man Pamekasan. Pada kesempatan kali ini saya sedikit membahas tentang CHMOD, dan CHMOD ini sering terlupakaan saat mengotak-atik file yang ada di Cpanel kita. CHMOD merupakan kepanjangan dari Change Mode, CHMOD merupakan command yang bisa atau dapat digunakan dalam UNIX. CHMOD ini dapat kita modifikasi melalui File Manager yang terdapat di Cpanel kita.
Fungsi daripada CHMOD ini yakni, mengunci dan mengatur sebuah file agar dapat dilihat, dibaca, ditulis, dan diekskusi oleh siapa saja melalui Setting CHMOD tersebut.
Berikut ini berbagai mode dari CHMOD

  • r  : untuk read. digunakan untuk membaca atau melihat
  •  w : untuk write. digunakan untuk menulis file
  • x :  untuk execute. digunakan untuk mengekskusi file
Contoh penulisan CHMOD:
0 = tidak ada operasi di ijinkan ( null / hidden ).
1 = permisi untuk dengan mengijinkan untuk  melakukan ekskusi  ( execute )
2 = numeric value dengan mengijinkan untuk  menulis. ( write )
4 = numeric value dengan mengijinkan untuk untuk membaca. (read )
Jadi dari beberapa nomor diatas dapat dipadukan untuk melakukan beberapa perintah. Dengan nomor tersebut kita bisa mengatur sebuah file dapat dituliskah atau diekskusi. Berikut sebuah contoh dari CHMOD:

4+2+1 = 7
Angka 4 (empat) menunjukkan bahwa sebuah file dapat dibaca). Angka 2 (dua) menunjjukkan bahwa sebuah file dapat ditulis atau dimodifikasi. Angka 1 menujukkan bahwa file tersebut dapat dilakukan ekskusi atau dapat dihapus. Nah dari ketiga nomor tersebut (4,2,1) setelah dijumlahkan akan menghasilkan angka 7. Jadi angka 7 (tujuh) tersebut dapat melakukan perintah terhadap sebuah file yakni perintah:
- Boleh membaca
- boleh menulis
- boleh mengeskusi pada sebuah file
Nah ada yang bertanya, jika CHMOD adalah 4+1 = 5 maka fungsi apakah yang akan dilakukan?
begini penjabarannya:
  • angka 4 (empat) menunjukkan bahwa boleh membaca
  • angka 1 (satu) menjukkan bahwa boleh melakukan ekskusi
Maka, ketika variable 4 + 1 = 5, hasilnya adalah : anda dapat membaca/melihat file dan mengekskusi file tersebut. Akan tetapi anda tidak dapat menulis file tersebut. Begitulah sepintas tentang CHMOD. Masih banyak tutorial dari CHMOD yang harus dibahas, tunggu posting selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Web Mantap

article kategori

Article Categories